Port pada Komputer



Port adalah gerbang yg menghubungkan komputer dengan berbagai peralatan (periperal). Masing-masing periperal mempunyai port tertentu sehingga harus ditancapkan ke komputer sesuai dengan portnya. Port yg paling banyak dipakai untuk berbagai periperal adalah USB (Universal Serial Bus). Keyboard, mouse, printer dulunya mempunyai port khusus. Namun sekarang semuanya menyediakan port USB. Versi yg umum adalah USB 2.0 dan saat ini sudah muncul generasi USB 3.0 yg lebih cepat meski strukturnya berbeda.

Kenali jenis port dan posisinya sebelum mencolokkannya ke komputer. Kalau salah colok membuat perangkat tidak bisa tersambung atau malah rusak karena putusnya kaki-kaki pin.

Untuk mengatasi perbedaan port sekarang telah disediakan connector antar port yg berbeda. Contohnya gambar di atas adalah serial port diubah ke port USB.

Ada juga cara lain untuk mengkoneksi perangkat ke komputer yaitu dengan perangkat wireless atau tanpa kabel. Biasanya yg paling sering digunakan adalah jenis Bluetooth. Kamera, webcam, handphone dan berbagai perangkat lain (konon Printer dan LCD projector jg sudah) sudah dapat terkoneksi mengunkan perangkat bluetooth ini.


0 Comments:

 

© 2007 Arsip Cyber: Port pada Komputer | Design by Rohman abdul manap | Template by : Template Unik