Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430H



Pemerintah akhirnya menetapkan tanggal 1 Syawal 1430 Hijriah jatuh pada hari Minggu, 20 September 2009. Hal ini ditetapkan Menteri Agama melalui sidang itsbat (penetapan) yang digelar di gedung Departemen Agama. "Menyatakan bahwa 1 Syawal 1430 Hijriah bertepatan pada 20 September 2009. Dengan ini kita tetapkan," kata Menteri Agama Maftuh Basyuni, di sela-sela sidang itsbat (penetapan), di gedung Departemen Agama, Jakarta, Sabtu (19/9). Maftuh memaparkan ketetapan 1 Syawal ini dilakukan berdasarkan metode hisab (penghitungan astronomi) dan rukyat (pemantauan) di beberapa titik di Indonesia.

Berdasarkan laporan yang diterima dari semua ahli hisab (penghitungan astronomi) telah menyatakan bahwa 1 Syawal 1430 H jatuh pada 20 September 2008. Adapun secara rukyat, hingga pukul 19.00 ini, hilal telah terlihat di dua titik, yakni di Pelabuhan Ratu, Sukabumi dan Semarang. Sidang itu juga dihadiri oleh anggota badan hisab rukyat serta perwakilan ormas Islam, seperti Nahdhatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Persis, Al Wasliyah, Al Irsyad, Tarbiyah, Islamiyah, Persatuan Umat Islam (PUI), Majelis Ulama Indonesia (MUI), Dewan Dakwah Islam (DDI), dan Dewan Masjid Indonesia (DMI).

Selain itu, hadir juga para duta besar negara-negara berpenduduk muslim, seperti Dubes AS, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Pakistan, dan Somalia.

Untuk pengamatan hilal ini, Depag juga bekerja sama dengan Depkominfo dan Institut Teknologi Bandung (ITB) dilakukan di 9 titik pengamatan. Berikut daerah pengamatan hilal tahun 2009/1430 H yakni Ternate, Pantai Barat Kupang, Lantai atas MTB Makassar, Condrodipo Gresik, Tanjung Kodok Lamongan, Masjid Agung Semarang, Bosscha Bandung, Pelabuhan Ratu, dan Lok Ngah Aceh.

0 Comments:

 

© 2007 Arsip Cyber: Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430H | Design by Rohman abdul manap | Template by : Template Unik