Tip Desain Kemasan Produk

Pertanyaan: Perkenalkan saya Jevin, saya mempunyai sebuah usaha yang bergerak di bidang makanan (tepatnya sebagai oleh-oleh) yang berbentuk keripik. Yang ingin saya tanyakan, bagaimana saya bisa mendapatkan inspirasi dan membuat kemasan yang menarik untuk produk saya ya Pak?
#kurang referensi

Jawaban: 
Dear Pak Jevin, terima kasih atas pertanyaannya.

Fungsi utama kemasan adalah melindungi dan memudahkan penggunaan/penyimpanan produk. Jadi fungsi utama tersebut harus beres lebih dulu. Bisa dilakukan dengan pemilihan material dan bentuk kemasan. Misalkan untuk produk yang butuh perlindungan dari cahaya matahari, cocok menggunakan kemasan alumunium foil, sementara jika produknya menarik untuk dilihat dan tahan cahaya, justru kemasan transparan akan lebih menjual.

Fungsi penggunaan dan penyimpanan bisa lewat bentuk, misalkan kemasan standing pouch dengan zipper yang bisa dibuka tutup cocok untuk kemasan besar yang tidak habis dalam sekali konsumsi. Ini akan memudahkan konsumen menyimpan sisa produknya.

Jika kedua fungsi tersebut sudah baik, maka fungsi promosi bisa dilakukan lewat desain grafis kemasan. Desain kemasan yang baik adalah yang bisa mengomunikasikan isinya dengan jelas, jadi konsumen tidak bingung produk apa, rasa apa yang ada dalam kemasannya. Ini bisa dilakukan dengan teks, warna, atau ilustrasi. Selain itu juga harus bisa membedakan produk dari produk pesaing.

Hindari desain kemasan yang terlalu ramai dan terlalu banyak informasi karena akan membuat konsumen bingung. Tentukan elemen desain yang perlu mendapat perhatian, misalkan logo dan foto produk. Jadikan itu elemen utama. Sedang elemen lain sebagai penunjang dapat tampil lebih kecil agar desain kemasan nyaman dilihat dan jelas fokusnya.

Untuk mendapatkan inspirasi, Anda bisa melakukan riset sederhana dengan mengunjungi toko oleh oleh, supermarket, atau browsing lewat internet untuk menemukan referensi desain kemasan yang menarik dan inspiratif bagi produk Pak Jevin.

Selamat mendesain kemasan 

Nanang Wahyudi, Pengusaha dan KontributorUKMSukses.com

0 Comments:

 

© 2007 Arsip Cyber: Tip Desain Kemasan Produk | Design by Rohman abdul manap | Template by : Template Unik